Pendampingan Masyarakat Miskin

Berjuta keinginan yang disampaikan masyarakat miskin untuk dapat merasakan kebahagiaan seperti yang dirasakan oleh semua orang yaitu terpenuhinya kebutuhan dasar : Kesehatan dan Pendidikan untuk anak-anak mereka, yang dapat mengubah perilaku dan menanam benih keberhasilan di dalam keluarganya kelak di kemudian hari.

Sederet dokumentasi yang saya abadikan ini merupakan salah satu bentuk pendampingan masyarakat miskin pada Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun Jawa Timur bulan Mei tahun 2008.

Bantuan PKH bersifat membantu Rumah Tangga Sangat Miskin yang memiliki 3 kriteria dalam keluarga tersebut terdapat :

  • Ibu Hamil/nifas
  • Balita
  • Anak SD/SMP

Dengan bantuan minimal Rp. 600.000,- dan maksimal Rp. 2.200.000,- per keluarga disesuaikan dengan kriteria yang ada di Rumah Tangga tersebut.

Proses pencairan di Kantor Pos Kecamatan dan pengambilan harus dilakukan oleh yang bersangkutan tidak dapat diwakilkan, berharap semoga bantuan yang diberikan ini dapat benar-benar tepat sasaran dan sesuai dengan yang diharapkan yaitu menekan angka kemiskinan Indonesia.

Untuk itu, jika dari pembaca ingin memberikan satu komentar atau bahkan memberikan bantuan yang sifatnya tidak mengikat, InsyaAllah saya dapat mendistribusikan dan memberikan data yang benar-benar terjadi di lapangan.

Disamping PKH dalam proses pendampingan banyak saya temukan masalah sosial yang lainnya seperti Cacat Fisik, Mental, Fakir Miskin, Kekerasan Dalam Rumah Tangga, dll.

Demikian apabila ada saran langsung saja kasih komentarnya. Terima Kasih.

SARIS D PAMUNGKI

Salam Komunitas

Tinggalkan komentar